Tuesday, July 8, 2008

Shanghai Hari 4

Hari ini hari ke-3 ngider di pameran. Rasanya kaki sudah gempor dan ogah diangkat lagi. Apa daya masih ada beberapa hall yg harus dijelajahi di bagian packaging. Mana cuaca Shanghai panas banget pula, antara 39-40 derajat.... Untung dalam hall masih ada ac, jadi gak sampe teler. Tapi mau nyeberang antar hall jadi malas karena harus meninggalkan kenyamanan ac.....:p

Ternyata tidak menyesal juga pergi ke bagian packaging. Ada satu section yang memamerkan kemasan2 yang masuk nominasi sebagai kemasan terbaik. Lucu2 bentuknya, mulai dari kemasan buat kue2, shampoo, piring dan pecah belah untuk hadiah, dll. Hebat juga, bukan cuman sekedar kardus kotak biasa tapi bisa dibikin semenarik itu.

Di bagian LED dan lampu2 dipenuhi layar2 lebar segede yang ada di bunderan HI. Semuanya lagi nyetel film. Ada 1 yg nyetel film silat, entah film apa cuman rasanya itu bukan film baru, tapi berhasil memancing orang2 buat nonton berkerumun di situ....hehehe...

Selesai pameran jam 4 rupanya boss ada ajak customer buat jalan2. Tapi karena kita bawa sample roll lumayan gede, akhirnya rombongan pecah 2, sebagian balik ke apt buat naruh barang dan sebagian lg langsung jalan sama customer. Saking capeknya sampe begitu masuk taksi udah langsung tidur. Sampe apartemen, ternyata boss yg satu juga teler jadi nggak langsung pergi, lumayan bisa tidur lagi barang setengah jam lebih. Setelah itu baru ditelepon disuruh nyusul ke yu yuan buat dinner. Rasanya malas sih balik ke yu yuan, cuman apa dayaaaa.... toh gak ada tempat lain yg enak buat jalan.

Keluar dari apt cari taksi, eh kita ditolak sama tukang taksi. Kt tukang taksinya tempat itu kelewat deket, kalian jalan kaki aja.... Dasar tukang taksi edan. Pdhal jalan kaki lumayan juga ada sekitar 20 menit lebih. Kurang lebih jaraknya kayak dari TA ke CL, cuman jalannya enggak enak karena selain panas juga baru banyak pekerjaan konstruksi entah untuk perbaikan jalan atau pemasangan kabel. Sampe di yu yuan kita keliling2 lagi liat2, karena udah menjelang malam lampu2 pada dinyalakan. Ih gw semakin mendelu lihatnya, bangunan tua yang apik gitu masak atapnya dikasih lampu LED yang bikin norak.....:( Akhirnya daripada mendelu mending jajan aja. Beli semacam bapia yg isinya daging bak tapi ada kuahnya, di bawah dibikin agak gosong dan atasnya ada wijen...nyam2...mak nyuuusss... Ada juga bakpao isi daging dan sayur. Trus semacam takoyaki tapi dalamnya gak ada guritanya, cuman penyajian kurang lebih sama pake saos dan ditaburi rumput laut. Gak seenak yg di jepang cuman masih cukup ok. Oh ya ada siao long bao juga tapi kulitnya agak tebel jadi kurang ok. Lagian makannya repot karena sambil jalan.

Kita dinner di satu rumah makan namanya Lu Luo Bang, letaknya dalam yu yuan di sebelah jembatan berkelok 9. Konon pas clinton ke shanghai juga makan di rumah makan ini. Waiting listnya lumayan panjang padahal sudah hampir jam 8 malam. Sambil menunggu giliran di resto, kita liat2 toko2 suvenir di sekitar situ. Si boss belanja teh, sementara gw kebagian nyicip doang :D Gila tehnya macam2, di dalam toples ada lebih dari 20 macam. Mulai dari teh bunga sampe teh ijo yang rasanya pahit banget, teh dengan rasa susu pdhal gak ada susunya, dll. Harga mulai dari 18 yuan sekotak sampe yg plg mahal 500 yuan per 50 gram. Pdhal menurut gw yg 500 yuan itu juga rasanya biasa aja, bukan jenis teh yg wangi gitu. Mungkin ada khasiat khusus buat apa kali makanya jadi mahal.

Di Lu Luo Bang kita makan lebih puas dari gala dinner. Dibuka dengan siao long bao, dan 3 jenis udang (udang masak manis, udang siram kepiting sama satu lagi gak tau udang diapain) sebagai appetizer, disusul dengan sup hisit (kurang enak, entah kenapa rasanya gak mantap), lalu ada sapi lada hitam, gurame asam manis, rebung siram kepiting, semacam sayur yg rasanya kayak bawang, ayam goreng crispy dan yg paling yummy, bebek diisi ketan.... Wah asli ini bebeknya mak nyuuuusss..... ketannya dibumbu kayak bakcang gitu. Daging bebeknya lembut dan enggak bau amis, kulitnya renyah. Sebagai penutup ada cemilan2, ketan dibungkus kecil2, bapia yang diisi bubur ketan item yg lembut, sama ada beberapa kue2 lain. Minumnya bir tsing tao. Mak nyuuuuuussssss......

Selesai dinner toko2 di yu yuan sudah pada tutup. Entah kenapa gw jadi lebih senang melihat lampu2 sudah dipadamkan, jadi bangunan itu balik ke kondisi aslinya. Kelihatan kuno dan apik.... Ah dasar memang penggemar barang kuno....:P Dari Yu yuan kita naik taksi ke xin dian ti (again!). Habis apa boleh buat, gak ada tempat hang out lainnya. Xin dian ti rame banget karena malam sabtu. Kalo di sini gak ada tante2 pake daster dan engko2 yg pake kaos kutang doang. Adanya anak2 muda yg dandan rapi dan cewe2 berkaki indah dengan celana super pendek sampe bagian bawah pantatnya ngintip dari bawah celana....wah-wah-wah....benar2 puas cuci mata....

Di sini kita nangkring di kafe Latina, minum doang sambil yg lain pada nonton wimbledon. Berhubung gw gak ngerti tennis, gw menikmati minuman aja, es krim liquor namanya latina fantasy, isinya oreo bubuk dicampur dengan campuran dari 7 jenis minuman keras, entah 5 lainnya apa tp yg paling terasa sama gw tequila dan martini. Pas balik udah jam 12 lewat, agak2 tipsy juga cuman karena jalan sampe hotel jadi tipsynya ilang.

Di hotel gak bisa langsung tidur, harus beres2 dulu karena pagi2 jam 5.30 harus sudah pergi ke airport. Harusnya schedule awal kita pesawat jam 2, cuman dipercepat jadi jam 8. Akhirnya jam 1 lewat baru tidur. Jam 4 udah bangun siap2....rasanya ngantuk banget.

Pesawat berangkat agak telat, jam 8.30 baru berangkat, kata pilotnya ada penumpang yg bermasalah dengan imigrasi. Rasanya penumpang penting, kalo enggak mana mungkin ditungguin. Liat jadwal film di pswt, eh ada kurosagi. Terpaksa tidur ditunda, nonton dulu :D Habis kurosagi baru tidur. Jam 13.30 sampai di singapore.

Eh ternyata persis di sebelah pswt kita ada airbus A380 yg baru yg double deck itu baru parkir. Langsung orang2 pada kampungan semua poto2 dengan latar belakang airbus.

Berhubung connecting flight gw masih lama, jam 21.20, jadi gw keluar dulu jalan2 ke singapore. Dipinjamin kartu mrt dan kartu diskon kinokuniya sama si boss. Kayaknya dia agak merasa bersalah karena rombongan lain udah langsung dpt connecting flight sementara gw masih nunggu lama. Pdhal gw malah seneng....hehehe.... Jadilah gw jalan ke sing, ke orchard road. Keluar dari stasiun MRT, eh sebelah kiri ada toko buku Borders. Langsung masuk ke situ dulu. Eh ternyata lagi diskon 30%....kyaaaaa..... Langsung semangat belanja keluar. Pantas aja orang antri di kasir sampe gitu panjang.

Keluar dari Borders dengan tentengan cukup berat, langsung meluncur ke kinokuniya. Cacing melonjak2 minta dikasih makan, cuman napsu beli buku lebih besar, terpaksa cacing menunggu. Kinokuniya juga rame banget, ternyata ada diskon juga 20% cuman sampai tgl 6. Wah bener2 waktunya pas. Dapat lagi beberapa buku di situ yg gak ada di Borders, dan sempat ngincar buku Tale of Genji, cuman akhirnya dengan berat hati gw lepaskan karena dirupiahin hampir 500 ribu, meskipun setelah diskon.

Habis belanja buku baru makan di Food Republic di wisma atria, di sebelah Takashimaya. Padahal udah bukan jam makan tapi masih rame banget. Gw makan makanan jepang, grilled salmon pake sup miso dan chawan mushi. Enaaakkkk.... salmonnya segar dan gak amis. Abis itu baru balik ke bandara menghabiskan waktu sebelum balik ke Jakarta.

Jam 10 malam sampe di Jakarta, setelah proses imigrasi dll jam 11 baru keluar dan jam 12 sampe di rumah. Capek tapi senang juga dapat pengalaman baru.

mbahwiro said...

trims banget ama oleh2nya.

Anonymous said...

cimmmm...makanannya bikin ngiler tuhhh...tapi kaga tau juga enak apa kaga. jadi, kapan nih kita mo dimsum bareng lakcie?