Tuesday, January 13, 2009

Pendekar Binal




Judul: Pendekar Binal (Trilogy)
Penulis: Gu Long
Penerjemah: Gan KL

Cerita Pendekar Binal yang terbit di Indonesia, sesuai tertulis di atas, terdiri dari 3 bagian (trilogy), yaitu Pendekar Binal, Bakti Binal & Bahagia Binal.

Menceritakan sepasang saudara kembar sebagai tokoh utamanya. Walaupun kembar mereka dipisahkan oleh nasib sehingga tumbuh di tempat yg sangat berbeda juga memiliki karakter yg bertolak belakang.

Kang Siau-hi (sering disebut Siau-hi-ji) tumbuh di sarang penjahat, Ok-jin-kok, yg merupakan tempat persembunyian para penjahat kelas kakap di dunia persilatan memiliki sifat riang cenderung iseng, walaupun memiliki ilmu silat yang hanya bisa dibilang lumayan namun memiliki otak super-duper-cerdas. Sedangkan Hoa Bu-koat tumbuh di istana Ih-hoa-kiong yg didiami oleh 2 orang putri yang digambarkan sakti namun berhati dingin dan telengas (seneng bener bisa pake istilah ini ) terhadap lawan2nya. Berbeda dengan saudara kembarnya Hoa Bu-koat bersifat tenang dan serius. Ia memiliki ilmu silat yang luar biasa, termasuk seorang jago muda papan atas pada saat itu.

Cerita ini merupakan salah satu masterpiece Gu Long. Dari awal kita sudah mengetahui hubungan kedua saudara kembar tersebut juga bagaimana awal mula mereka terpisah sehingga bisa dibilang hal ini bukanlah rahasia yang menjadi klimaks cerita, namun proses bagaimana keduanya kelak berhasil mengetahui asal muasal dan hubungan mereka itulah yg menjadi kekuatan cerita yang sesungguhnya. Penuh dengan pertarungan, baik dengan adu jurus2 kelas tinggi maupun adu cerdik dengan otak.

Banyak juga bagian dari cerita ini yang menggambarkan sisi manusiawi tokoh-tokohnya. Bagaimana Siau-hi-ji berhasil tetap mempertahankan kebaikan hatinya walaupun tumbuh di tengah kaum penjahat, bagaimana kesepian yang dihadapi seorang Hoa Bu-koat padahal ia adalah salah seorang pendekar muda ternama yg bisa dibilang memiliki segalanya, bagaimana bimbangnya Thi Sim-lan (salah seorang tokoh wanita di cerita ini) menghadapi kenyataan bahwa perasaannya terjebak di antara kedua pemuda ini dan masih banyak lagi cerita luar biasa seputar tokoh-tokoh dalam cerita ini. Kesimpulan akhir dari cerita ini adalah kebenaran akan terbuka pada akhirnya.

Rating: 5 of 5

No comments: