Monday, June 8, 2009

Rahasia Meede




Judul: Rahasia Meede - Misteri Harta Karun V.O.C
Pengarang: E.S Ito
Penerbit: Hikmah (Kelompok Mizan)
Tebal buku: 675 hal


Terjadi pembunuhan berantai yg mengguncang Jakarta sebagai pusat pemerintahan Republik Indonesia. Satu per satu korban berjatuhan dan sejauh ini hanya ada 2 hal yg menjadi titik sambung keterkaitan antara satu kejadian dengan kejadian lainnya, nama tempat kejadian dan pesan tertulis yg muncul dari si pembunuh kepada keluarga korban maupun di lokasi kejadian.

Hal yg pertama adalah seluruh korban dibunuh di tempat2 yg berawalan huruf ”B”, mulai dari Bukittinggi di Sumatra Barat sampai di Brussels, Belgia. Hal yg kedua adalah pesan dari si pembunuh yg berisi masing-masing salah satu dari 7 dosa sosial yg dikemukakan oleh Mahatma Gandhi.

Dalam waktu yg hampir bersamaan sekelompok peneliti dari Belanda yg tergabung dalam Yayasan Oud Batavie mencoba mencari & menyingkap cerita tentang De Ondergronse Stad alias kota bawah tanah yg diyakini berada di bawah daerah Kota Tua Jakarta dengan pintu masuk di bawah Museum Sejarah Jakarta.

Kedua cerita tersebut menjadi pembuka novel ini. Dari kejadian-kejadian yg sepertinya tidak berkaitan penulis berhasil menyatukannya menjadi jalinan cerita yg sangat menarik dan penuh kejutan bagi pembacanya.
Di bab-bab awal cerita berloncatan, bukan hanya dari lokasi dan tokoh yg berbeda tapi juga dari jaman yg berbeda, mulai dari jaman penjajahan, perjuangan, pra kemerdekaan sampai ke era modern saat ini. Tapi loncatan-lonacatan ini justru terasa menarik dan menambah daya tarik cerita. Pembaca akan disuguhi berbagai macam latar belakang cerita dengan selipan kejutan2 yg mencengangkan. Wartawan yang sedang memburu berita, peneliti yg mencoba menyingkap sejarah, guru yg mengajar anak-anak kaum marjinal dan seorang buronan yg dicap sebagai dedengkot kelompok teroris hanyalah sebagian dari arus cerita berbeda yg mengalir ke muara yg sama, yakni pencarian harta karun V.O.C.

Beberapa lokasi yg menjadi bagian cerita juga dapat dikatakan sebagai lokasi-lokasi yg ‘tidak biasa’ ditemukan atau kita baca dalam keseharian. Mulai dari Boven Digoel di Papua, pedalaman Mentawai di Sumatera sampai ke perkebunan pala di Kepulauan Banda diceritakan dengan sangat detail dan berhasil memancing imajinasi pembaca, baik dari sisi misteri maupun eksotisme lokasi-lokasi tersebut.

Buku ini juga dapat menjadi buku pelengkap pengetahuan akan sejarah kelam penjajahan Belanda di Indonesia. Banyak cerita menarik yg sulit ditemui dalam buku pelajaran standar kurikulum pendidikan nasional kita. Informasi berlatar belakang sejarah ini dapat menjadi bukti bahwa buku ini digarap bukan asal jadi tapi dengan persiapan yg memadai. Dapat dikatakan E.S Ito berhasil merangkai cerita ini menjadi salah satu novel thriller sejarah yang sangat menarik utk dibaca.

Rate: 4 of 5

No comments: